..::"in a Flash Language C"::..

== Versi Bahasa C ==
=== C K&R ===
Pada tahun 1978, ''Dennis Ritchie'' dan ''Brian Kernighan'' menerbitkan edisi pertama dari buku yang berjudul ''The C Programming Language''. Buku ini hingga sekarang diakui sebagai kitab suci bahasa C dan merupakan referensi utama seorang pemrogram yang ingin mengetahui tentang bahasa C, terutama karena begitu lengkapnya cakupan buku ini tentang bahasa C.

Versi bahasa C yang ditampilkan dalam buku, kemudian dikenal dalam kalangan pemrogram sebagai C K&R. Pada buku ''The C Programming Language'' edisi kedua kemudian melingkupi ANSI C yang diperkenalkan belakangan.

=== ANSI C & ISO C ===
Pada perkembangannya, muncul versi-versi C lain yang pada akhirnya membuat kebingungan di kalangan pemrogram. Karena itu, pada tahun 1983, American National Standards Institute ([[ANSI]]) membuat sebuah komite untuk membuat sebuah versi standar dari bahasa C. Setelah melalui proses yang panjang dan sengit, pada tahun 1989, telah berhasil disahkan standar yang dinamakan ANSI X3.159-1989, versi ini seringkali dinamakan ANSI C, atau kadang-kadang C89.

Pada 1990, versi ANSI C diadopsi oleh Organization for Standardization ([[ISO]]) dengan sedikit perubahan dengan nama ISO/IEC 9899:1990. Versi ini seringkali dinamakan ISO C atau C90. Karena versi ANSI C dan ISO C hanya memiliki sedikit perbedaan, pemanggilan C90 dan C89 merujuk pada bahasa yang sama.

=== C99 ===
Versi C99 dibuat oleh ISO C pada tahun 1999. Versi ini dimaksudkan terutama untuk memperbanyak dukungan kepada pemrograman berorientasi objek, terutama setelah [[C++]], yang dibuat berdasarkan bahasa ini mendapat tempat yang istimewa di kalangan pemrogram.

== Pustaka ==
Pustaka (seringkali dirujuk sebagai ''library''), adalah kumpulan fungsi-fungsi yang terkandung dalam satu file, Setiap file pustaka mempunyai satu ''Header file'' yang menyimpan cetak biru dari fungsi-fungsi yang terkandung dalam file pustaka.

Bahasa C seringkali dipakai untuk membuat file-file pustaka yang menyimpan fungsi-fungsi tertentu, dikarenakan C dapat dikompile menjadi bahasa mesin yang sangat cepat dan kecil ukurannya, kemudian bahasa pemrograman lain seperti [[Python (bahasa pemrograman)|Python]] yang akan menciptakan antar-muka dari fungsi-fungsi yang dikandungnya.

Pustaka yang paling sering dipakai adalah Pustaka Standar C, yang berisi fungsi-fungsi standar yang berasal dari ANSI C. Pustaka standar ini sekarang telah terkandung dalam hampir setiap kompiler C yang dipakai.

==Hallo World==

Berikut ini adalah contoh program sederhana yang akan mencetak kalimat "Hello, World!" dengan menggunakan pustaka stdio.h (ANSI C):

#include 
int main(void)
{
printf("Hello, World!\n");
return 0;
}

0 komentar:

Posting Komentar

please coment donk...!!!