..::"See Email And Internet"::..

>>Sepuluh Fakta Seputar e-mail<<

Bagi orang yang sering berinteraksi dengan dunia maya atau internet, email bukanlah sesuatu yang baru lagi. Kita sudah terbiasa menggunakan sarana komunikasi menggunakan email. Hal-hal yang menarik, unik, dan mencengangkan seputar sarana komunikasi terpopuler di dunia saat ini akan kita ungkap.

1. 1,3 miliar orang mengirim email

Email menjadi layanan yang paling banyak digunakan di internet setelah world wide web. Menurut hasil studi Radicati Group, pada agustus 2008 lalu, terdapat 1,4 miliar email account dan 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia.

2. .--.-.

Sandi morse untuk simbol @ muncul sejak tahun 2004. Kode ini berbunyi .--.-. yang merupakan kombinasi dari huruf a, kemudian diikuti oleh sebuah c tanpa pause. Pada praktiknya, sandi @ memang sulit. Untuk huruf "at" orang menggunakan sandi .-- dan ini lebih singkat.

3. Spam email pertama

Email spam dalam jumlah besar pertama kali di kirim pada 3 mei 1978 oleh Gary Thuerk, penjual komputer di toko komputer AS, Digital Equipment Corporation. Dari sebuah daftar email yang telah dicetak, Thuerk mencari pengguna Arpanet (cikal bakal internet) yang tinggal di pantai barat Amerika Serikat dan kemudian mengirim iklan penawaran komputer baru ke sekitar 600 orang.

4. Email di tempat tidur

Dalam sebuah studi, AOL menyimpulkan pola penggunaan email orang Amerika. 67% responden membuka email selagi di tempat tidur atau setelah berada di tempat tidur dengan memakai piyama (baju tidur).

5. Penemu email

Pada awal 1960-an, Ray Samuel Tomlinson mengembangkan sebuah file transfer protocol (CPYNET) yang dapat mengirim file antara dua komputer. Para ahli komputer kemudian mengembangkan protokol ini agar dapat mengirimkan berita. Namun, Tomlinson tidak ingat lagi apa yang ada dalam email pertamanya.

6. Pos elektronik berkekuatan hukum

Mulai 2010, email dapat digunakan untuk mengirim dokumen yang memiliki kekuatan hukun antara warga negara. Email dari instansi pemerintah ini di enkripsi, tetapi masih dapat dibaca oleh pemerintah.

7. Email presiden

Email resmi presiden AS, presindent@whitehouse.govpresindent@whitehouse.gov This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , dibuat pertama kali pada 1993. Selama delapan tahun kepemimpinannya, Bill Clinton hanya menulis dua email. Pertama, sebuah test email dan kedua untuk astronot John Glenn yang sedang mengorbit.

8. Laki-laki, perempuan, atau netral?

Dalam kaidah tatabahasa, jenis kelamin kata "email" ternyata tidak seragam untuk beberapa negara. Di Jerman, kata email mendapat jenis kelamin perempuan, sedangkan di Swiss berjenis kelamin netral. Meskipun dalam pengucapannya tetap sama.

9. Attachment membuat email membengkak

Attachment email membuat ukuran aslinya bertambah besar sepertiganya. Penyebabnya, email di format dengan karakter set, sebesar 7 bit sedangkan gambar atau dokumen teks dengan data biner 8 bit. Saat di konversi ke dalam format Base64, ruang yang dibutuhkan bertambah 36 persen.

10. Tertawalah :-)

Emoticons yang sering digunakan di email ini ternyata sudah digunakan sejak 12 april 1979. Kevon McKenzie, anggota sebuah diskusi mail, mengusulkan untuk menambahkan simbol-simbol yang mengungkapkan emosi agar komunikasi tidak membosankan.

>>Jika membicarakan>> tentang sejarah Internet, maka tidak akan pernah lepas dari ARPANET dan NSFNET (The US National Science Fundation). Kedua jaringan ini merupakan penggagas jaringan Internet yang kini kita gunakan. Pada tanggal 1 Januari 1983 TCP/IP dinyatakan sebagai satu-satunya protokol resmi. Sejak ARPANET dan NSFNET digabungkan, maka pertumbuhan penggunaaan jaringan ini semakin banyak. Kemudian pada pertengahan tahun, masyarakat mulai memandang kumpulan-berbagai macam jaringan ini sebagai Internet.

Perkembangan Internet kian marak pada tahun 1990 dimana kumpulan jaringan ini telah bertumbuh menjadi 3000 jaringan dan 200.000 komputer. Tahun 1992 kurang lebih tercatat 1 juta host telah terkumpul di Internet. Menurut Paxson, pada tahun 1995 terdapat banyak backbone, ratusan jaringan regional, puluhan ribu LAN, jutaan host dan puluhan juta pengguna. Disinyalir jumlah ini terus bertambah dua kali lipat setiap tahunnya. Secara sederhana pada awal pemakaiannya Internet mempunyai empat aplikasi utama sebagai berikut:

1. Email

2. News

3. Remote Login

4. Transfer File

Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 1990 Internet lebih banyak dipakai di kalangan akademis dan pemerintahan, hingga kemudian diumumkan aplikasi WWW (World Wide Web) yang sangat membantu kalangan non akademis ke jaringan. Selain itu WWW juga memungkinkan pembuatan sejumlah halaman informasi yang dihubungkan dengan link-link satu sama lain, disertai oleh gambar, suara, dan video.

1 komentar:

mas toyman Rabu, Mei 27, 2009 3:54:00 PM  

Blognya udah bagus....

Tapi kalau Postingnya seperti ini, akan membingungkan pembaca...

alangkah baiknya menggunakan "readmore" untuk mempersingkat posting awal. sehingga yang muncul nantinya hanya sebagian dari bagian yang di publikasikan.

untuk membuat readmore bisa dilihat di :
http://toymancare.blogspot.com/2009/02/membuat-read-more-pada-template-beta.html

Posting Komentar

please coment donk...!!!